What To Do : Menghabiskan libur di Rumah Bersama Keluarga




Ditulis oleh: Insyirah Alifta

“The greatest legacy we can leave our children is happy memories.” – Og Mandino

Teman Tumbuh, apa saja kegiatan yang biasanya kamu lakukan di waktu ini pada tahun-tahun sebelumnya? Bepergian ke tempat wisata, kah? Berlibur ke rumah sanak saudara? Atau malah direpotkan dengan pekerjaan yang harus selesai sebelum tahun berakhir?

Siapa yang menyangka bahwa tahun ini, kita harus menghabiskan waktu dengan anjuran untuk tetap berada di rumah. Tidak kemana-mana justru adalah pilihan yang terbaik.

Tidak bisa dipungkiri sebagian dari Teman Tumbuh mungkin merasakan bosan atau jenuh saat harus tetap tinggal di rumah. Rutinitas yang biasanya dilakukan di luar seperti bertemu dan ngobrol dengan orang-orang tersayang, bekerja di kantor, belajar di sekolah bersama teman-teman, atau sekadar jalan-jalan tidak bisa dilakukan. Ada perasaan ‘stuck’ atau terperangkap dalam kondisi ini. Nah, tahukah teman tumbuh bahwa perasaan dan pikiran negatif ini berpengaruh pada bagaimana kita menyikapi kondisi dunia sekarang? Alih-alih berpikir bahwa kita ‘terjebak’ atau dikurung, kita dianjurkan untuk menggesernya pada pemikiran bahwa kita aman dan menyelematkan orang lain saat memutuskan tinggal di rumah. Selagi bisa, mari habiskan libur akhir tahun di rumah yuk, Teman Tumbuh.

Untuk menekan rasa bosan dan jenuh, berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang bisa Teman Tumbuh lakukan di rumah bersama orang tua, saudara, dan bahkan anak-anak. Eits, tenang saja… kegiatan ini akan membuatmu tetap aktif dan happy tanpa banyak menatap gadget! Yuk, simak!

Outdoor Activities: Yard it is!

Punya halaman rumah? Apakah itu halaman depan atau belakang? Seluas apa? Tidak begitu penting, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di halaman rumah kita, lho! Dimulai dari Piknik. Teman tumbuh bisa menggelar karpet di halaman rumah, di bawah pohon, dan menikmati sarapan atau makan siangmu di sana bersama keluarga. Saat malam tiba, Camping sambil pesta barbecue juga bisa menjadi alternatif, lho. Akan lebih seru lagi kalau kamu punya tenda! Sembari makan malam, kamu bisa menikmati view bintang di langit (stargaziing). Kalau tidak punya halaman yang cukup, balkon atau atap rumah juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk melakukan ini, yang penting pastikan tempatnya aman, ya!

Selain itu, teman tumbuh juga bisa melakukan kegiatan berkebun bersama keluarga di halaman rumah. Menggali dan menanam, memupuk dan menyiram, selain produktif dan mempercantik halaman, ini bisa menjadi kegiatan yang edukatif bagi anak-anak juga, kan? Atau ingin anak-anak aktif bergerak? Lakukan permainan seru mencari harta karun atau permainan air hanya dengan selang, pistol, atau balon-balon yang diisi air di halaman belakang rumah.

Ingin yang lebih sederhana tapi tetap bergerak aktif bersama keluarga? Mungkin sudah saatnya memanggil lagi memori masa kecil kita dengan permainan tradisional anak-anak seperti galasin, engklek, lompat tali, petak umpet, kasti, atau bermain kelereng. Selain seru, aktivitas ini juga melatih kemampuan anak bekerja sama, membangun semangat berkompetisi, serta melatih kemampuan menyusun strategi.

Sports is fun!

Bagi teman tumbuh yang tetap ingin bugar meski sedang liburan bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga bersama, lho. Mulai dari senam bersama di halaman rumah, jalan pagi atau bersepeda keliling komplek, atau berenang bersama keluarga. 

When the weather is not good, indoor is.

Cuaca kurang mendukung? Ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan bersama di rumah, kok. Sudah berapa lama sejak kamu memainkan ular tangga, monopoli, scrabble, dan board games lainnya? Mungkin sudah saatnya mengeluarkan berbagai permainan papan dan kartu untuk dimainkan bersama di ruang keluarga! Tidak punya permainan papan atau kartu? Bermain tebak gambar atau tebak gerakan juga bisa menjadi alternatif kegiatan yang seru, lho! Pastikan semua anggota keluarga mendapat giliran, ya.

Selain itu, nonton bareng juga bisa menjadi alternatif. Libur akhir tahun begini, ada banyak sekali pilihan film terutama film keluarga yang bisa ditonton bersama. Jangan lupa siapkan popcorn dan minuman, ya!

Being productive is also fun.

Ingin melakukan kegiatan yang produktif? Kerja bakti membersihkan rumah bersama juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, lho. Bagi tugas untuk masing-masing anggota keluarga, putar musik atau lagu kesukaanmu, dan mulai kegiatannya bersama-sama! Agar lebih seru, berikan reward bagi anggota keluarga yang menyelesaikan tugasnya paling cepat atau paling bersih. Seru sekali, kan?

Teman tumbuh juga bisa melakukan proyek bersama yang dilakukan bersama keluarga, seperti melukis di kanvas ramai-ramai, membuat gelang dari manik warna warni, membuat dessert kesukaan bersama, dan kegiatan produktif lainnya!

Nah, itu dia berbagai pilihan kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga selama liburan di rumah. Terdengar seru, kan? Sekarang tinggalkan gadgetmu dan ajak keluargamu melakukan sesuatu bersama-sama! Semoga liburanmu menyenangkan, sampai jumpa di artikel tahun depan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post