Memahami Cara Mereka Memberikan Kasih Sayang




Ditulis oleh: Nisrina Nur Izzah

Kalau kalian nonton film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”, kalian pasti kenal Aurora, si anak tengah dengan segala problematikanya. Dalam keluarga, aku juga sang anak tengah dari tiga bersaudara. Saat aku masuk usia remaja awal (sekitar 11-14 tahun), aku sering mengasosiasikan posisi-ku dengan apa yang dirasakan Aurora. Merasa tidak diperhatikan dan tidak disayangi. Merasa bahwa orang tua-ku punya preferensi untuk lebih menyayangi kakak atau adik-ku. Namun, semakin dewasa aku semakin menyadari sesuatu.

Setiap orang menerima dan menyampaikan rasa sayang dengan berbeda-beda. Ada yang lebih senang menyampaikannya dengan kata-kata, ada yang lebih senang dengan hadiah, dengan banyaknya waktu bersama, dengan sentuhan, dan lain sebagainya. Bagaimana kita senang menerima dan menyampaikan rasa sayang bisa saja berbeda dengan bagaimana orang tua kita menerima dan menyampaikan rasa sayang. Karena kita dan orang tua kita tumbuh dengan didikan dan lingkungan yang berbeda.

Setelah menyadari hal itu, aku mulai menyadari hal-hal yang dilakukan orang tua-ku untuk menyampaikan rasa sayang mereka. Ayah lebih menunjukan kasih sayangnya dengan membelikan barang-barang sebagai hadian. Sedangkan ibu lebih menunjukan dengan memberikan bantuan-bantuan kecilnya. Berbeda dengan aku yang lebih senang mendapatkannya lewat kata-kata atau sentuhan. Sayangnya karena perbedaan tersebut aku seringkali melupakan bahwa apa yang mereka perbuat adalah bentuk penyampaian kasih sayang versi mereka. Walaupun itu berbeda dengan versi ku, tapi itu tetaplah kasih sayang.

Akhirnya aku mulai paham dan menerima bahwa aku pun diberikan kasih sayang yang sama dengan kakak ataupun adik ku. Hanya saja cara penyampaiannya yang berbeda. Lewat menyadari perbedaan ini aku jadi bisa lebih menghargai perbuatan-perbuatan yang mereka lakukan untukku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post