Fakta Seputar Saudara Kembar




Ditulis oleh: Insyirah Alifta

“It’s double the giggles, double the grins, and double the trouble if you’re blessed with twins” 

Ayo di antara Teman Tumbuh, siapa yang terlahir dengan saudara kembar? Bagaimana rasanya memiliki teman sejak berada di kandungan? Teman yang tidak hanya usia, namun rupa yang mirip? Menyenangkan, ya? Jadi punya teman bermain, teman belajar, teman menghabiskan waktu bersama hampir setiap hari. Merayakan ulang tahun pun bersama-sama, lagi!

Atau adakah dari Teman Tumbuh yang kenal baik dengan sepasang kembar? Bagimu, sulit atau mudahkah membedakan mereka? Apa yang menjadi acuanmu membedakan kedua, ketiga, atau keempatnya? Apakah dari cara mereka bicara? Atau tanda lahir tertentu yang dimiliki salah satu dari mereka? Atau tinggi badan yang sedikit berbeda?

Well, kali ini Badiblum hadir dengan ragam pertanyaan dan jawaban penelitian terkait anak kembar! Sudah siap? Mari kita simak!

  1. Kapan kah seseorang mulai menyadari bahwa ia memiliki saudara kembar?

Penelitian menunjukkan bahwa bayi sudah mulai menunjukkan minat sosial pada bayi lainnya bahkan saat baru berusia 6 bulan. Pada kasus saudara kembar ini bisa mulai lebih awal, lho. Dokter spesialis anak asal Inggris, dr. Brazelton mengungkapkan bahwa kembar identik yang baru berusia 3 bulan akan kebingungan ketika ia dan saudara kembarnya dipisahkan. Kemudian saat mendengar suara saudara kembarnya, ia akan berhenti bergerak atau makan dan mencari asal suara. 

  1. Apakah bahasa rahasia saudara kembar benar-benar ada?

Fenomena ini disebut dengan idioglassia, ketika sepasang kembar saling menirukan usaha satu sama lain untuk bicara. Kata-kata yang mereka sebutkan bisa jadi tidak tepat pengucapannya, lantas seiring dengan berjalannya waktu terus mereka gunakan dan hanya mereka yang memahami.

Penelitian dari Insitute of General Linguistics menunjukkan bahwa setidaknya ada 40% dari populasi saudara kembar mengembangkan bahasa rahasia yang hanya bisa dipahami oleh mereka sendiri. Jangan harap mereka akan membagikannya pada kita, ya! 

  1. Saudara Kembar berumur panjang?

Sebuah studi di University of Washington pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa secara umum saudara kembar cenderung tinggi harapan hidupnya dibanding individu yang lahir tanpa saudara kembar (singletons), lho. Peneliti David Sharrow, PhD mengatakan bahwa ini kemungkinan terjadi karena seseorang yang terlahir kembar akan selalu memiliki seseorang yang lahir, tumbuh, dekat serta menjaga. Keberadaan dukungan materi serta dukungan emosi bisa menjadi alasan mengapa pasangan kembar dapat hidup lebih lama. 

  1. Apakah saudara kembar dapat saling membaca pikiran?

Banyak dari pasangan kembar identik menunjukkan kemampuan telepati yang kuat hingga mampu saling membaca pikiran. Salah satu teori menjelaskan bahwa kesamaan pilihan dan koneksi tidak terlihat ini terjadi karena kesamaan gen yang dimiliki serta akan semakin kuat jika saudara kembar ini dibesarkan di lingkungan yang sama, bersama-sama. 

  1. Mengapa sebagian saudara kembar terlihat seperti cermin dari satu sama lain?

Pernahkah Teman Tumbuh melihat sepasang saudara kembar yang ketika berhadapan seperti sedang bercermin? Dengan tanda lahir di sisi yang berlawanan atau tangan dominan yang satu adalah kiri dan saudara kembarnya adalah kanan? Well, ini bisa terjadi karena dalam kandungan sel telur sang ibu membelah 9 sampai 12 hari setelah konsepsi. Penundaan ini menjadikan pasangan kembar serupa cermin bagi satu sama lain! Nah, Teman Tumbuh itu dia beberapa pertanyaan dan fakta penelitian tentang saudara kembar! Bagaimana, menarik sekali bukan fakta-faktanya? Well, masih dalam edisi saudara kembar Badiblum akan hadir dengan sesuatu yang baru minggu depan. Apa ya, itu? Jangan lewatkan artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post